Moto

Senin, 25 Mei 2009

Seleksi Atlet ke Kejurnas Atletik

SEJAK keikutsertaan NTT di event-event olahraga nasional, atletik selalu menjadi nomor unggulan untuk meraih medali. Beberapa atlet nasional mulai dari Wempy Foenay, Mathilda Fanggidae, Mace Sihainenia, Eduardus Nabunome, Anton Fallo, Tersiana Riwu Rohi, Oliva Sadi, Fery Subnafeu, Mery Paijo hingga Afriana Paijo adalah bukti dari kualitas prestasi atletik NTT.

Hal inilah yang kemudian membuat KONI Provinsi NTT kemudian menetapkan cabang atletik sebagai cabang prioritas dalam pembinaan. Indikatornya adalah, karena berprestasi dan memiliki regenerasi atlet dari semua kelompok usia yang sangat jelas.

Untuk tahun 2009 ini, agenda kejuaraan nasional pertama yang akan diikuti Pengprop PASI NTT adalah kejuaraan nasional (kejurnas) yunior dan remaja yang akan digelar di Jakarta, 27-30 Mei 2009. Tak ingin hanya tampil sebagai penggembira di Jakarta, pada Rabu 8 April 2009 lalu, PASI dan bekerjasama dengan Bidang Keolahragaan Dinas PPO NTT telah melakukan seleksi terbatas, di Stadion Oepoi-Kupang. Seleksi tersebut diikuti atlet dari Kota Kupang, Kupang, TTS dan PPLP NTT.

"Tujuan dari seleksi ini adalah untuk mendapatkan atlet-atlet terbaik yang nantinya dibawa ke Jakarta mewakili NTT. Atlet atletik NTT menyebar hampir di semua kabupaten/kota di NTT, untuk itu harus ada seleksi untuk mendapatkan yang terbaik. Seleksi ini kita lakukan mendadak, karena memang surat dari PB PASI juga baru kami terima," ujar Eduard Setty.

Tak ada target yang ditetapkan PASI NTT menuju kejuaraan tersebut. Namun, diperkuat Afriana Paijo yang saat ini bergabung di Pelatnas jangka panjang PB PASI di Jakarta, kontingen atletik NTT jelas akan diperhitungkan. Meski demikian, Eduard Setty tetap mengatakan bahwa tujuan keikutsertaan NTT hanyalah untuk menyiapkan atlet pelapis dan ujicoba menuju PON XVIII 2012.

"Kalau mau sukses di PON 2012, kita harus mulai dari sekarang. Untuk itu, atlet yang kira-kira pada PON 2012 tepat memasuki usia emasnya harus dipersiapkan dari sekarang. Kalau kali ini mereka masih gagal, kita harapkan pada PON 2012 nanti, mereka sudah siap," kata Setty.

Bagi Kabid Keolahragaan Dinas PPO NTT, seleksi tersebut akan menjadi bahan pembanding baginya dalam pembinaan atlet di PPLP NTT. Sebagai cabang olahraga terukur, prestasi atlet atletik dapat diketahui dengan mudah. Dalam jangka waktu tertentu, apakah seorang atlet mengalami peningkatan atau penurunan prestasi, akan bisa diketahui lewat seleksi atau try out. (rudy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar