Moto

Senin, 25 Mei 2009

NTT Ikut Invitasi Olahraga Tradisional di Jateng

KEGIATAN olahraga dari Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemegpora) yakni olahraga tradisional masyarakat seluruh Indonesia, untuk tahun 2009 akan digelar di Jawa Tengah (Jateng), Magelang tepatnya di halaman Candi Borobudur. Bagi Provinsi NTT, tahun ini (2009,red) merupakan kali pertama atau perdana, partisipasi pesertanya dalam kejuaraan masyarakat tradisional itu. Hal ini disampaikan koordinator peserta olahraga tradisional 2009 Provinsi NTT, Ferry Sandy, S.sos kepada Tabloid Bidora beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, partisipasi peserta dari Provinsi NTT dalam even masyarakat tradisional ini, untuk menyanggah atau menghidupkan kembali dan melestarikan olahraga-olahraga tradisional yang sudah hampir punah dari masyarakat Indonesia khususnya masyarakat NTT.

Ferry menjelaskan, kegiatan ini (Invitasi olahraga tradisional 2009,red) berlangsung mulai 10-13 Mei 2009 di halaman Candi Borobudur. Peserta yang mewakili NTT ke perlombaan rakyat tersebut, sebanyak 12 orang terdiri dari 6 putera dan 6 puteri. Mereka akan bertanding pada empat jenis olahraga tradisional yakni dagongan dan engran untuk peserta puteri, sedangkan terompah panjang dan hadang untuk peserta puteri.

Ferry menambahkan, sebenarnya partisipasi peserta NTT dalam even ini sudah diikutkan dari tahun sebelumnya. Namun karena keterbatasan dana maka peserta NTT tidak jadi diberangkatkan. ”Para peserta NTT direkrut dari masyarakat umum sudah dari tahun lalu. Persiapan telah dilakukan sejak tahun lalu, sehingga persiapan yang dilakukan Bulan Meret 2009 kemarin hanya latihan penyegaran kembali jenis-jenis olahraga yang dipertandingkan,” tambah Ferry.

Sementara itu Hildagardis Bria Seran salah satu koordinator peserta olahraga tradisional 2009 NTT, merasa optimis peserta NTT bisa bersaing dengan peserta dari provinsi lain.

Menurut Hilda Bria Seran, peserta putera NTT akan bersaing ketat pada jenis olahraga tradisional engran dan dagongan. ”Peserta putera diharapkan bisa bersaing didua jenis olahraga itu dan harapan kami para peserta NTT bisa masuk dalam kategori juara,” kata Hilda Bria Seran.(fery)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar