Moto

Senin, 25 Mei 2009

Presentasi lulusan SMA/SMK/MA 70 persen

HASIL presentasi lulusan tahun ini (2009,red) akan meningkat dari tahun sebelumnya. Untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan naik dari hasil lulusan sebelumnya 65 persen menjadi 70 persen. Prediksi itu berdasarkan seluruh kemampuan dan upaya yang telah dikerahkan oleh semua pihak yang bertanggung jawab didunia pendidikan khususnya kepada para peserta Ujian Nasional (UN) 2008/2009 tingkat SMA/MA/SMK di NTT. Demikian Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) NTT Ir. Thobias Uly kepada Tablid Bidora di ruang kerjanya.

Uly menjelaskan, sesuai hasil pantauan di sekolah-sekolah, para peserta UN dinilai mampu mengerjakan soal UN. Karena bentuk soal yang diuji tidak jauh berbeda dengan soal-soal UN tryout (percobaan) yang telah diberikan kepada siswa. Serta persiapan soal-soal untuk peserta UN disesuaikan dengan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) dari BSNP (Badan Standar NasionalPendidikan). 

”Anak sudah dipersiapkan sejak beberapa bulan sebelumnya. Dan anak yang benar-benar persiapkan diri pasti bisa jawab soal dengan baik. Peserta UN kali ini lebih baik persiapannya dari tahun sbelumnya, jadi presentasi lulusan kali ini diatas 70 persen,” kata Ir. Thobias Uly.

Dia menambahkan, berbagai upaya persiapan dari sekolah sudah dilakukan sejak bulan November 2008 lalu. Seperti les tambahan, pembedahan soal, tryout dan latihan LJK (Lembaran Jawaban Komputer). Dan Pastinya semua pihak terkait yakni sekolah, orang tua dan pemerintah mengharapkan hasil yang maksimal. ”Upaya persiapan dari sekolah sudah banyak dilakukan, otomatis hasil lulusan akan baik,” tambahnya. 

Ketika ditanya, yang bertanggung jawab jika hasil lulusan turun dari tahun sebelumnya yakni 65 persen, Uly menjawab hal itu adalah tanggung jawab semua pihak. Itulah hasil dari segala upaya dan kemampuan yang telah dilakukan selama ini. Jadi jangan menyalakan pihak manapun.

Sedangkan untuk pemeriksaan hasil LJK siswa UN 2008/2009 (Scaning) kata Uly, pihak Perguruan Tinggi (PT) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang akan berkoordinasi dengan tim di Dinas PPO NTT. ”Tim penyelenggara UN 2008/2009 Dinas PPO NTT dan Undana Kupang saling membantu dan bekerja sama dalam melakukan scaning. Kerja sama dua pihak ini akan menguntungkan peserta UN kali ini” ungkap Uly. (michel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar