Moto

Senin, 25 Mei 2009

O2SN 2009 Siap Digelar

SALAH satu program Departemen Pendidikan Nasional adalah pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Tujuan dari O2SN ini adsalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat di cabang olahraga, sehingga para siswa dapat meningkatkan ketrampilan dan kemampuan mereka sesuai bidang yang dimiliki. Kegiatan ini, sekaligus sebagai upaya pembentukan sikap, mental, sportivitas, kejujuran dan rasa solidaritas antar-sesama siswa yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Pelaksanaan O2SN tingkat Provinsi NTT tahun 2009 ini akan semarak. Selain karena ada peningkatan nomor pertandingan/perlombaan, juga karena karena dilakukan serentak untuk SD, SMP, dan SMA di tingkat nasional. Untuk O2SN SD tingkat Provinsi NTT akan digelar mulan 28 Mei hingga 1 Juni 2009 sementara untuk tingkat SMA, akan digelar mulai tanggal 7 Juni. Untuk pelaksanaan tingkat nasional, akan digelar di Jakarta 

O2SN SD akan mempertandingkan/melombakan 13 cabang olahraga, yakni atletik, pencaksilat, sepakbola, bolavoli, renang, catur, bridge, karate, senam, tenis meja, tenis lapangan, sepaktakraw dan bulutangkis. Untuk O2SN tingkat SMA, akan mempertandingkan/melombakan lima cabang olahraga, yakni karate, pencaksilat, atletik, tenis meja dan bulutangkis.

Begitu pentingnya event ini, sehingga Dinas PPO NTT yang menjadi pelaksana di tingkat provinsi berharap agar atlet yang dikirim dari kabupaten/kota diseleksi dengan baik. Seleksi yang baik harus dimulai dari tingkat sekolah baru ke tingkat kabupaten/kota. Selain itu, sah tidaknya seorang siswa mengikuti pertandingan/lomba, harus memenuhi semua persyaratan baik dari sisi administrasi maupun kesehatan. (michel)


Persyaratan Peserta O2SN SD
1. Rapot asli dan foto copy, akte kelahiran yang telah dilegalisir, pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak lima lembar dan surat keputusan (SK hasil seleksi.
2. Siswa SD/MI yang sampai dengan tahun pelajaran 2008/2009 masih sekolah di SD/MI 
3. Kelahiran 1 Januari 1997 dan sesudahnya. 
4. Untuk peserta, cabang atletik dua putra dan dua putri, renang empat putra dan empat putri. Tenis meja dua putra dan dua putri, bulutangkis dua putra dan dua putri. Bolavoli mini lima putra dan lima putri, pencaksilat dua putra dan dua putri, sepaktakraw mini empat putra. Sepakbola mini 10 putra, bridge mini dua putra dan dua putri, tenis dua putra dan dua putri, catur tiga putra dan satu putri dan karate dua putra dan dua putri.

Persyaratan Peserta O2SN SMA
1. Peserta adalah siswa SMA yang duduk di kelas X dan XI pada tahun pelajaran 2008/2009
2. Menunjukan Surat Tanda Kelulusan (STKL) SMP asli, foto copy raport (legalisir), kartu pelajar/OSIS, pas foto, biodata, akta kelahiran
3. Bukan atlet yang pernah menjuarai event internasional
4. Bukan atlet dari sekolah binaan PPLP, SMA Olahraga atau sedang mengikuti Pelatnas
5. Membawa surat keterangan sehat dari dokter
6. Usia pada 1 Juli 2009 tidak lebih dari 18 tahum
7. Peserta di tingkat nasional adalah pemenang tingkat provinsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar