Moto

Minggu, 24 Mei 2009

Dinas PPO Akan Bentuk PPLD, PPLM

KEBERADAAN PPLP sebagai penghasil atlet-atlet potensial yang mampu mengukir prestasi dan mengharumkan nama daerah ini, tak perlu di ragukan lagi. Namun di balik keberhasilan tersebut, ada persoalan lain yang muncul terkait dengan prospek pembinaan atlet setelah tidak lagi menjadi atlet binaan PPLP.

Seperti diungkapkan Ary Moelyadi, PPLP telah banyak menelorkan atlet yang mampu menorehkan prestasi yang membanggakan. Namun ketika telah keluar dari PPLP karena telah menyelesaikan studinya, banyak diantara atlet tersebut yang perkembangannya tidak terpantau lagi, sehingg akhirnya potensi yang dimiliki atlet-atlet tersebut hilang dengan sendirinya.

Hal ini terjadi karena setelah keluar dari PPLP, tidak ada lagi wadah yang bisa menampung mereka untuk terus membina dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Beberapa atlet mantan binaan PPLP yang mengukir prestasi di beberapa kejuaraan, seperti Yanto, Fallo, Meri Paidjo, Robinson Djo dan beberapa atlet lainnya yang memiliki potensi untuk di bina lebih lanjut, sehingga kemampuan teknis, fisik dan mentalnya dapat terjaga, dimana mereka ini ditargetkan mampu mengukir prestasi di PON mendatang.

Untuk itu, pihaknya telah merancang program untuk membentuk Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah (PPLD), yang nantinya akan menampung para atlet yang telah selesai di PPLP untuk di bina lebih lanjut, sehingga kemampuan mereka terus terasah dan bisa mewakili NTT nantinya di berbagai even kejuaraan.

Sama seperti PPLP, PPLD ini juga nantinya akan membina atlet-atlet dari beberapa cabang olaharaga yang dinilai potensial. Dan PPLD ini bisa saja di bentuk di daerah Kabupaten/Kota untuk menampung para atlet yang bersal dari Kabupaten/Kota yang telah menyelesakan pendidikannya di PPLP, sehingga pembinaan para atlet potensial ini dapat berkelanjutan dan tidak terputus di tengah jalan.

Kendala utama pembentukan PPLD ini tentunya terletak pada masalah pembiayaan, dimana pihaknya akan mencoba mencari peluang yang bisa dimanfaatkan untuk pembiayan PPLP ini kedepan, melalui swadaya Bidang Olahraga agar program ini bisa berjalan.

Untuk itu sangat di harapkan dukungan dari Pemerintah daerah, dan juga pihak lainnya yang peduli terhadap perkembangan olahrga di NTT untuk ikut berpartisipasi demi kemajuan olahraga di daerah ini. (rony)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar